Kategori

Blogumulus by Roy Tanck and < a href='http://www.bloggerbuster.com'>Amanda Fazani

Arsip

Sehat dan Cerdas Menentukan Masa Depan Bangsa

Rabu, 25 November 2009

Jakarta, Jumat (20 November 2009) -- Pendidik memiliki peran penting dalam mewujudkan cita - cita bangsa untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Insan yang cerdas secara spiritual, emosional, sosial, dan intelektual. Upaya mencapai visi dan misi tersebut akan tercapai jika para pendidik memiliki keprofesionalan dalam mendidik putra putrinya, serta didukung kondisi jasmani dan rohani yang sehat.

"Sehat dan cerdas adalah modal paling mahal dan sangat menentukan masa depan bangsa," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat membuka kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) Guru Tingkat Nasional 2009 di SMA Olah Raga Ragunan, Jakarta, Jumat (20/11/2009).

Mendiknas menyampaikan, nasib bangsa ini tergantung dari anak - anak muda. Mereka yang akan menentukan dan mewarisi masa depan bangsa. "Anak - anak muda ini bisa baik dan tidak baik sangat tergantung dari ibu dan bapak guru. Artinya yang menentukan masa depan bangsa ini tidak ada lagi kecuali para guru," katanya.

Mendiknas meminta kepada para peserta PORSENI agar bersikap sportif. "Sportif itu dalam bahasa yang sederhana mengikuti aturan. Oleh karena itu, tanamkan betul seperti janji atlet dan wasit tadi, sportif," katanya.

Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirjen PMPTK) Depdiknas Baedhowi melaporkan, kegiatan PORSENI Guru diselenggarakan Depdiknas bekerjasama dengan PB PGRI. Kegiatan akan berlangsung mulai 20-25 November 2009 di SMA Olah Raga Ragunan. "Kegiatan PORSENI Guru 2009 ini bukan semata - mata sebagai unjuk prestasi dalam bidang olah raga oleh para pendidik, tetapi lebih merupakan upaya peningkatan kualitas pendidik," katanya.

Baedhowi mengatakan, cabang olah raga yang akan dipertandingkan meliputi cabang bulutangkis, tenis meja, dan bola voli. Dia menyebutkan, kegiatan ini diikuti oleh 240 atlet dan 40 ofisial. "Rangkaian kegiatan PORSENI Guru ini telah berlangsung sejak Juli 2009 melalui babak penyisihan yang dilaksanakan di delapan region," katanya.

Baedhowi menyebutkan, region 1 di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat diikuti dari Provinsi Sumatera Barat, NAD, dan Bangka Belitung; region 2 di LPMP Jambi diikuti Provinsi Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan; region 3 di LPMP Jawa Barat diikuti Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Lampung; region 4 di LPMP Jawa Tengah diikuti Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selanjutnya, region 5 di LPMP NTB diikuti Provinsi NTB, NTT, dan Provinsi Bali; region 6 di LPMP Kalimantan Tengah diikuti Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan; region 7 di LPMP Sulawesi Selatan diikuti Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo; dan region 8 di LPMP Maluku Utara diikuti Provinsi Maluku Utara, Maluku dan Papua.***


Sumber: Pers Depdiknas